mind game. intriguing brain.

Posted: 20/07/2010 in ramutu

Kapan kamu betul-betul sadar ini bukan mimpi? ketika terbangun, lalu mencubit lenganmu sendiri dan merasa sakit? bagaimana jika dalam mimpi pun kamu merasakan sakit tercubit yang sama?  rasa sakit ada di pikiran. bagaimana jika pikiran benar-benar sudah tidak bisa lagi membedakan mimpi dan kenyataan? mana yang akan lebih dipercaya? apakah bisa ini kamu bilang kenyataan, padahal membedakannya dengan mimpi pun tidak bisa?

Lagi-lagi, fantasi yang melibatkan permainan pikiran dan bagaimana rentannya otak hingga bisa dikelabui, kupikir begitu menyenangkan. menyenangkan dalam artian selalu bikin penasaran. apalagi ditambah adanya kemungkinan mengambil atau menambah sesuatu ke dalam pikiran alam bawah ketika logika (yang sebenarnya mudah ditipu secara visual itu) lagi lemah. ketika berada dalam posisi begitu terbuka, tak terjaga dan dengan mudah bisa ditambah dan dikurangi. seperti hipnotis mungkin. tapi lewat berbeda cara.

Pernahkah bermimpi dan lalu teringat satu adegan dari mimpimu yang terasa begitu nyata? terasa begitu hidup dan bahkan semua warna, semua benda yang kau pegang, kau tendang, dan juga semua sensasi baunya, terasa sangat lekat dan dekat. kenangan yang membangunnya barangkali. atau cuilan-cuilan dari bayangan imajinasi yang tergabunglah yang membuat dunia mimpi itu terasa begitu meyakinkan dan sangat nyata.

Apakah kamu sadar kamu bermimpi saat mimpi itu terjadi? aku tidak. aku tidak pernah mengetahui itu mimpi sampai ketika aku bangun, dan otak mengirim kesimpulan, oh aku barusan bermimpi. tapi seandainya saja, ketika aku merasa aku terjaga dan menganggap barusan bermimpi sehingga sekarang aku sedang dalam dunia nyata, apakah itu sudah benar? apakah betul begini kenyataannya? bisa saja, aku berpikir sedang berada dalam dunia realita, padahal tidak demikian. yang kualami tak lain hanyalah satu lapisan mimpi baru? mimpi dalam mimpi.

Sedikit berbeda keadaannya, ketika conscious dan subconscious bersinggungan. biasanya aku bilang ini kondisi ‘tindihan’. ah, bahasa indonesianya apa aku tidak yakin. gampangnya begini, dalam mimpi ada satu keyakinan yang bilang ‘hei ini mimpi. dan ini gak enak sekali. ayo bangun.’ lalu dengan panik karena tercekam situasi dan keadaan yang tidak menyenangkan itulah yang membuat kesadaran timbul hingga benar-benar terbangun.

Menarik bagiku. menarik karena bahkan sebelum aku melihat inception, matrix, dan film-film atau bacaan seputar tema mengelabui otak lewat mimpi pun, aku selalu penasaran: benarkah ini kenyataan? bagaimana kalau ini hanya mimpi? bagaimana kalau sebenarnya aku yang ‘asli’ sedang dalam kondisi koma dan bermimpi saat ini, setelah menonton film christopher nolan itu, aku bermimpi menulis pertanyaan yang berbau rasa penasaranku? rasa penasaran karena, mungkin samar-samar… conscious-ku sedang berusaha memberitahu bahwa aku sedang bermimpi.

Jadi, siapa yang berani meyakinkanku bahwa ini NYATA dan aku sedang TIDAK TIDUR?

Ah aku jadi makin bingung dan penasaran. aku tidur sajalah. aku mau bermimpi lapis empat setelah ini. tidur dan bermimpi. dan lalu terbangun dalam kondisi mimpi di satu lapisan sebelah luarnya dan tertipu bahwa aku sudah terjaga. padahal masih mimpi juga.

PS. Inception menarik. tapi tidak secara ide, karena aku (kamu juga mungkin) pernah sekali atau dua,memikirkan ketidakstabilan batas antara mimpi dan nyata. sementara ini, bagiku, yang paling ok adalah tipu daya otak seperti di eternal sunshine of the spotless mind. yah, bukan soal mimpi sih, tapi tentang bagaimana cara mengelabui pikiranlah yang menarik. terutama alasan kenapa otak (atau kenangan?) harus dikelabui. itulah yang kemudian begitu terasa dekat denganku. *erase me, pour pavor*

Leave a Reply

