pohon maple, apa sejenis apple?

Posted: 12/12/2010 in ramutu

aku kurang begitu ingat asal muasal kenapa tiba-tiba ada pembicaraan mengenai maple. aku juga tidak begitu ingat apakah aku menjawab dengan tepat atau tidak. yang jelas sepertinya aku menjawab, itu pohon yang diambil untuk kayunya sebagai perkakas. ah, kurang yakin sebenarnya. apalagi setelah ingat ada beberapa film yang dimana salah satu scene-nya menyebut soal sirup maple untuk dioleskan ke pie atau pancake.

lalu aku ingat lagi, suatu ketika -setahun atau dua tahun lalu- seorang pengembara bermotor besar pernah memberikan aku daun maple setelah dia berhasil menembus hutan di kanada. yah… ingat aku sekarang, bahwa daun maple digunakan sebagai lambang negara itu. barangkali kali memang pohon maple sulit ditumbuhkan di belahan dunia lain selain kanada -kecuali sebagian kecil wilayah utara amerika serikat-

orang indian memanfaatkan getah maple untuk gula-gula. bentuknya seperti apa kurang begitu paham, hanya saja katanya hampir seperti madu. dan layaknya madu, sirup maple bukanlah biang sirup -even namanya sirup-. pastinya kalau dipaksa, akan butuh banyak sekali sirup maple untuk dicampurkan dalam segelas air untuk bisa mendapatkan minuman semacam sirup pandan atau framboz mardjan.

tapi soal kayu maple yang digunakan sebagai bahan bangunan, disetujui oleh dictionary.com yang mengatakan bahwa maple adalah pohon berdaun lebar (beruas tiga/ganjil, lebih tepatnya) yang ditanam untuk sekedar naungan, pohon hias, selain untuk dimanfaatkan getah dan kayunya.

jadi, dari kayu maple apa saja yang bisa dibuat darinya? meja, kursi, tiang, daun jendela atau apa? mbuh.

Comments
  1. deviw says:

    di deket prapatan dongkelan ada lho yg jualan miniatur (mirip) pohon maple… bagus Mbak. kalo aku belum keturutan nih, buat pancake pake saus maple…. hmmm slupruut.

Leave a Reply

